ADC (Analog to Digital Converter)

ADC


ADC merupakan Sebuah rangkaian pengonversi nilai yaitu dari nilai analog akan dikonversi menjadi nilai digital, dengan kata lain ADC adalah Rangkaian pengonversi dari tegangan sinus menjadi bentuk digital (dari gelombang sinus menjadi gelombang kotak). IC yang paling umum digunakan untuk sebuah IC ADC adalah sebuah Chip adc 8 bit untuk mengubah rentang sinyal analog 0-5V menjadi level digital dari 0-255 untuk ADC 8 bit, meskipun saat ini sudah banyak ADC yang mampu memproses data 12 bit. Contoh dari IC ADC 8 bit adalah IC 0804.

Flash ADC

Flash ADC juga lebih dikenal sebagai paralel A/D Converter sebagai rangkaian ADC yang paling mudah di pelajari. Dibentuk dari sekumpulan komparater yang membandingkan sinyal input ke tegangan referensi menggunakan Op - amp. Resistor yang digunakan disini harus menggunakan resistor bertoleransi tinggi agar lebih akurat. Keluaran Output dihubungkan ke input dari sebuah priority encoder, yang akan menghasilkan output biner.
Rangkaian Flash ADC
Vref adalah tegangan stabil yang disediakan oleh regulator tegangan presisi sebagai bagian dari rangkaian konverter. Jika input analog melebihi tegangan referensi, outpu komparator akan menghasilkan kondisi tinggi secara berurutan. Priority encoder akan membangkitkan bilangan biner berdasarkan input yang diterima.

Successive Approximation ADC 

Rangkaian ini menggunakan counter yang dikenal sebagai successive approximation register yaitu yang melalui pendekatan berturut-turut untuk mencari nilai yang paling tepat. Disamping menghitung naik deretan data biner, register ini menghitung dengan mencoba seluruh nilai bit mulai dari MSB dan akan diakhiri dengan LSB. Selama proses perhitungan, register akan memonitor output komparator untuk melihat jika hitungan biner kurang atau lebih besar dari input sinyal analog.

Untuk contoh dari IC ADC 8 bit yang mampu menerima 8 input dan banyak digunakan adalah ADC 0808 meskipun jika ditinjau dari segi harga akan lebih mahal dari ADC 0804. ADC ini selain mampu diprogram untuk mulai konversi melalui pena SC (Start Convertion), mampu juga berjalan dalam metode free running, artinya ia akan konversi terus menerus sinyal input yang masuk dengan menghubungkan pena EOC (End Of  Convertion) ke SC.

Itulah sedikit teori mengenai ADC yang saya ketahui, semoga bermanfaat, tunggu Update selanjutnya & Terimakasih

Creat By Attailah

Comments

Popular posts from this blog

Saklar

Dua Jenis Komponen Dalam Elektronika

Perkenalan Microsoft Visio Untuk Membuat Flowchart