Thermistor


Halo sahabat blogger semua apa kabar ? pastinya kamu semua dalam keadaan baik ya, baiklah kita langsung saja hari ini kita akan mempelajari sebuah komponen elektronika yang mungkin sudah pernah kamu semua dengar yaitu Thermistor. Sebuah Thermistor dibuat dari bahan semikonduktor. Komponen ini dapat dibuat dalam bentuk piringan, bantangan maupun butiran. Thermistor butiran memiliki ukuran diameter yang hanya beberapa milimeter. Pada beberapa thermistor butiran, butir semikonduktornya di bungkus oleh sebuah kapsul kaca. Karena ukurannya yang sangat kecil, thermistor butiran dapat memberikan reaksi yang sangat cepat terhadap perubahan suhu.

Thermistor memiliki dua buah kaki terminal sebagian besar thermistor memiliki tahanan yang nilainya semakin mengecil dengan bertambahnya suhu. Thermistor jenis ini disebut sebagai thermistor koefisien suhu negatif (negatife temperature coefisient) atau thermistor NTC. Thermistor-thermistor dengan koefisien suhu yang positif (positive temperature coefisien) (ptc) juga tersedia dipasaran namun lebih jarang digunakan.


Thermistor digunakan di dalam rangkaian-rangkian pengukur suhu atau memberikan tanggapan-tanggapan tertentu terhadap perubahan suhu. Komponen ini juga dapat digunakan di dalam rangkaian-rangkaian yang akan mengalami gangguan atau bahkan kerusakan. Akitbat perubahan suhu. Thermistor secara otomatis akan bekerja untuk menetralkan efek perubahan suhu.

Comments

Popular posts from this blog

Saklar

Dua Jenis Komponen Dalam Elektronika

Perkenalan Microsoft Visio Untuk Membuat Flowchart