Saklar

Saklar merupakan sebuah benda elektronik yang digunakan untuk memutus dan menyambungkan aliran listrik dalam suatu rangkaian. Arus mengalir ketika kontak-kontak saklar saling bersentuhan. Dalam keadaan seperti ini dikatakan membuka, atau sambungan (atau kontak) dilakukan. Arus tidak dapat mengalir kedalam rangkaian apabila kontak-kontak tidak saling bersentuhan. Dalam keadaan ini saklar dikatakan menutup, atau sambungan (atau sambungan) diputuskan.


Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali kita temui saklar dan jenisnya, namun disini kita akan membahas beberapa jenis saklar saja yang paling umum digunakan oleh kebanyakan orang.

Saklar Toggle

Saklar Toggle adalah bentuk saklar yang paling sederhana, dioperasikan oleh sebuah tuas toggle yang dapat ditekan keatas atau kebawah. Menurut konversinya, posisi kebawah mengidentifikasikan keadaan ‘Hidup’, atau ‘menutup’ atau ‘disambungkan’. Saklar toggle yang memiliki tuas dengan posisi keatas. Dibelakang tuas terdapat sebuah alur sekrup (dolly) yang dilengkapi dengan sebuah mur besar. Alur dan mur ini digunakan untuk memasang saklar di sebuah panel.

Jenis saklar beban besar (heavy duty), yang memiliki kemampuan untuk menyambungkan arus hingga sebesar 10A pada tegangan 250V AC. Saklar-saklar toggle beban besar seringkali digunakan untuk mensaklarkan pasokan listrik dari sumber PLN ke berbagai peralatan dan perangkat listrik. Akan tetapi, saklar-saklar jenis ini juga dapat digunakan untuk menyambung arus listrik lebih kecil.
Saklar toggle berukuran kecil (miniatur) cocok untuk digunakan pada sebuah panel kontrol.

Mikroswitch (Saklar Mikro)

Istilah ‘Micro’ pada nama saklar ini tidak berarti bahwa saklar ini sendiri berukuran kecil. Nama ini mengidentikasikan bahwa tombol yang diugnakan untuk mengoperasikan saklar ini hanya bergeser dengan jarak pindah yang sangat kecil.

Sakar jenis ini sangat sensitif. Sedikit tekanan saja pada tuas dapat mengakibatkan saklar berpindah dari satu posisi ke posisi yang lain. Kebanyakan microswitch memiliki kontak-kontak jenis SPDT sehingga saklar-saklar ini dapat digunakan untuk menyambungkan atau menutuskan, atau keduanya secara bersamaan, sesuatu.

Kontak-kontak sebuah Microswitch dilengkapi dengan pegas sehingga dalam keadaan normal, kontak jalur bersama tersambung ke kontak yang disebut normal tertutup (Nomally Close)  (N.C.). kontak ketiga adalah kontak Normal terbuka (Normally Open) (N.O.) .

Microswitch digunakan dalam aplikasi-aplikasi dimana saklar harus dioperasikan secara mekanis. Sebagai contoh, sebuah microswitch  dapat dipasang sedemikian rupa di dalam sebuah lemari, sehingga  tuas tertekan ketika pintu tertutup. Kontak jalur bersama dan kontak normal tertutupnya disambungkan ke sebuah rangkaian lampu. Ketika pintu tertutup, kontak-kontak akan membuka dan lampu menyala. Ketika pintu terbuka, kontak-kontak akan menutup dan lampu menyala.

Saklar REED

Saklar ini terdiri dari dua buah kontak lentur (yang disebut sebagai reed) yang ditempatkan didalam sebuah kapsul, dengan ujung-ujung kedua kontak saling berhimpitan. Dalam keadaan normal, kontak-kontak ini membuka. Di dalam sebuah medan magnet, kedua reed akan mengalami magnetasi. Kutub utara dan kutub selatan akan saling tarik-menarik. Kedua reed akan saling bersentuhan dan menghasilkan sambungan listrik. Ketika medan magnet dihilangkan, sifat lentur kedua kontak akan mengembalikan keduanya ke posisi semula (tidak bersentuhan).

Saklar Posisi Miring (Titl Switch)

Kedua kontak saklar terbungkus rapat di dalam sebuah kapsul kaca yang dipenuhi oleh besaran air raksa (merkuri). Ketika kapsul berada dalam keadaan tegak, air raksa akan berdiam di bagian dasar kapsul dan  menutup celah antara kedua kontak.

Apabila saklar dimiringkan, air raksa akan bergerak ke sisi atau ke ujung lain kapsul. Dalam keadaan ini tidak lagi terdapat sebuah sambungan yang menutup celah antara kedua kontak.  Saklar berada dalam keadaan membuka.

Saklar-saklar air raksa sering digunakan pada mesin-mesin yang digerakkan oleh listrik. Saklar-saklar ini dipasang di bagian mesin yang dapat bergerak. Dan digunakan untuk mendeteksi apakah bagian tersebut telah berada pada posisi yang benar. Penggunaan saklar ini melibatkan resiko bahwa kapsul bisa pecah dan menumpahkan keluar isi air raksanya, yang berbahaya (Berracun). Saklar-saklar air raksa posisi-bebas (free-tilt) juga tersedia dipasaran.

Saklar Tekan

Saklar tekan di operasikan dengan cara menekan sebuah tombol. Terdapat dua jenis saklar semacam ini. Kebanyakan diantaranya termasuk kedalam jenis Push-to-make (tekan untuk menyambungkan) dan Push-to-break (tekan untuk memutuskan).

Saklar Rocker

Saklar ini bekerja dengan cara yang sama seperti saklar toggle dan digunakan untuk tujuan-tujuan yang serupa. Perbedaan antara keduanya adalah saklar jenis ini dioperasikan dengan menggunkan sebuah Rocker  (Tombol Seperti Pada Bel Listrik).

Saklar Geser

Saklar ini digunakan untuk tujuan yang sama dengan penggunaan saklar-saklar toggle, namun  jenis ini dioperasikan dengan menggunakan sebuah knop geser.

Saklar DPDT

Saklar-saklar toggle,rocker dan geser juga dapat dibuat dalam versi Double-Pole, Double-Throu (dua-kutub, dua-arah). Bentuk ini menghubungkan dua buah saklar yang terpisah didalam satu Unit. Namun keduanya dioperasikan secara bersamaan.
Saklar-sklar DPDT dapat digunakan untuk menyambungkan dua rangkaian pada saat yang bersamaan. Saklar-saklar ini juga dapat dihubungkan ke jalur kawat netral dan jalur kawat tegangan dari sumber PLN secara sekaligus.

Saklar Kunci.

Saklar kunci hanya dapat dihidupkan dan dimatikan dengan menggunakan sebuah kunci. Hanya pasangkan  kunci dan alat panguci yang tepat yang dapat digunakan untuk mengoperasikan saklar. Saklar-saklar kunci digunakan dalam aplikasi-aplikasi yang membutuhkan tingkat keamanan yang tinggi.

Saklar-saklar Keyboard

Saklar-saklar ini adalah saklar-saklar PTM yang membentuk sambungan sekejap, dengan bagian atas yang datar dan berbentuk persegi, seringkali diberi tanda berupa huruf, angka atau simbol. Saklar-saklar ini merupakan elemen-elemen dasar Keyboard komputer. Jenis-jenis keyboard yang lebih murah biasanya menggunakan saklar-saklar selaput (membrane), yaitu lembaran bahan plastik konduktif yang menutupi dan menekan kontak-kontak dibawahnya.

Saklar Putar

Saklar putar atau yang dikenal dengan istilah Rotary digunakan untuk menyambungkan satu jalur ke salah satu diantara beberapa jalur lain yang ada. Seringkali, beberapa buah saklar semacam ini digabungkan didalam satu unit yang sama.

Saklar-saklar ini diguakan untuk menjalankan fungsi-fungsi semisal memilih pita gelombang (waveband) pada sebuah pesawat penerima radio, atau memilih kisaran pengukuran pada sebuah multimeter.

Relay

Relay adalah sebuah saklar yang dikendalikan oleh arus. Bandingkan piranti ini dengan saklar reed. Relay memiliki sebuah kumparan tegangan rendah yang dililitkan pada sebuah inti. Terdapat sebuah armatur besi yang akan tertarik menuju inti apabila arus mengalir melewati kumparan. Armatur ini terpasiang pada tuas pegas. Ketika armatur tertarik menuju ini, kontak jalur bersama akan berubah posisinya  dari kontak normal tertutup ke kontak normal terbuka.

Sekian Ulasan saklar dari saya semoga bermanfaat, jangan lupa tunggu Update Selanjutnya & Terimakasih.

Creat By Attailah

Comments

Popular posts from this blog

Dua Jenis Komponen Dalam Elektronika

Perkenalan Microsoft Visio Untuk Membuat Flowchart