Dioda Zener


Halo apa kabar sobat Mulaibuka? Mungkin bagi kalian yang suka kotak-katik peralatan elektronika sudah tidak asing lagi dengan komponen yang bernama Dioda Zener ini, Nah disini kita akan cari tahu apa itu dioda zener dan bagaimana cara kerjanya. Untuk penempatanya jelas di peralatan elektronika benar bukan? Baiklah langsung saja kita mulai cari tahunya. Apabila sebuah dioda zener diberikan bias mundur dengan tegangan kecil, dioda ini akan bereaksi sebagaimana reaksi sebuah dioda biasa. Dalam hal ini, dioda  zener tidak akan menghantarkan arus listrik. Apabila sebuah dioda zener diberi bias mundur dengan tegangan yang lebih besar maka dari suatu nilai tertentu, yang  disebut sebagai tegangan zener, dioda dengan mudah menghantarkan arus listrik.


Tegangan zener pada sebuah dioda dit tetapkan pada saat dioda dibuat. Tegangan ini umumnya berada dalam kisaran 2,7V hingga 20V, dengan toleransi sebesar ± 5%. Dioda zener digunakan untuk mengatur tegangan output yang dihasilkan oleh sebuah catu daya. Rangkaian pada gambar di bawah memiliki bagian penyearah yang sekaligus mampu meratakan output DC yang dihasilkan. Diikuti oleh bagian stabilizator tegangan (Voltage stabiliser) yang terdiri dari sebuah dioda zener. Dioda Zener yang digunakan memiliki tegangan Zener yang sama besarnya dengan tegangan Output yang diinginkan.
Tegangan Output yang dihasilkan oleh bagian penyearah beberapa volt lebih besar dari tegangan Zener. Selisih antara kedua tegangan ini adalah besarnya jatuh tegangan pada resistor. Tahanan resistor dipilih sedemikian rupa sehingga ketika beban menarik arus maksimum, arus sebesar 5mA mengalir melewati dioda Zener menuju jalur 0V. Tegangan Output adalah sama dengan tegangan zener. Apabila beban menarik arus yang kurang dari level level maksimumnya, atau sama sekali tidak menarik arus, kelebihan arus ini akan mengalir melewati dioda zener menuju tanah. Dioda zener akan tetap bekerja dengan tegangan Output dapat dipertahankan sama dengan tegangan Zener.

Tiap komponen dalam dunia elektronika pasti mempunyai simbol masing-masing. Adapun Simbol untuk komponen dioda Zener Dalam dunia elektronika di simbolkan dengan.
Demikian postingan dari saya semoga bermanfaat, Tunggu Update selanjutnya & Terima kasih.


Creat By Attailah

Comments

Popular posts from this blog

Saklar

Dua Jenis Komponen Dalam Elektronika

Perkenalan Microsoft Visio Untuk Membuat Flowchart