Mikrokontroller Bagian II

 
Mikrokontroller Atmega8
Mikrokontroller Atmega8
Halo apakabar semua kembali kita berjumpa lagi meneruskan materi yang kita bahas minggu yang lalu yakni tentang Mikrokontroller ATMEGA8 yang didalamnya mempunyai pin - pin atau kaki - kaki untuk menjalankan rangkaian yang nantinya akan dihubungkan, kaki - kaki atau pin-pin tersebut mempunyai Fungsi masing - masing.

Reset

Kaki Reset berguna untuk mereset data yang telah diprogram di mikrokontroller Atmega8. Rangkaian yang dibuat untuk kaki ini sangatlah simple yaitu dengan menghubungkan kaki ini ke sebuah saklar tekan atau yang lebih dikenal dengan nama Push Button yang terhubung dengan tegangan sumber sebesar 5V atau yang lebih dikenal dengan Vcc.

AREF

Kaki AREF ini adalah pin untuk penerima referensi dari Untuk ADC

AVCC

AVCC merupakan kaki atau pin suplay tegangan untuk ADC dari port lain.

Port A

Mikrokontroller mempunyai empat buah port yang digunakan dalam menjalankan perintah yang dimasukkan dengan cara pemograman, port -  port ini  berguna untuk mengelompokkan kaki – kaki pada Mikrokontroller menjadi empat bagian kaki yang akan menerima baik itu input maupun Output. Didalam satu buah port terdapat 8 buah pin atau kaki yang akan diprogram sesuai dengan keinginan. Adapun kaki atau pin dari port A yaitu : PA. 0, PA. 1, PA. 2, PA. 3, PA. 4, PA. 5, PA. 6 dan PA. 7.

Port B

Sama halnya seperti pada port A Port B juga mempunyai 8 buah pin atau kaki yang akan di proram sesuai keinginan. Adapun kaki atau pin dari port B yaitu: PB. 0, PB. 1, PB. 2, PB. 3, PB. 4, PB. 5, PB. 6 dan PB. 7.

Port C

Masih dalam pembahasan Port, Port C juga mempunyai 8 buah pin atau kaki yang akan diprogram sesuai dengan keinginan. Adapun kaki – kaki atau pin – pin dari port C yaitu : PC. 0, PC. 1, PC. 2, PC. 3, PC. 4, PC. 5, PC. 6 dan PC. 7.

Port D

Nah ini merupakan Port yang paling akhir dari Mikrokontroller Atmega8 dikarenakan kesemuanya tersedia dalam 4 buah kelompok atau 4 buah Port. Sama seperti port – port lainnya yang telah kita sebutkan tadi, Port D ini juga mempunyai 8 buah pin yang nantinya bisa di program sesuai dengan keinginan masing – masing. Kaki – kaki dari Port D yaitu : PD. 0, PD. 1, PD. 2, PD. 3, PD. 4, PD. 5, PD. 6 dan PD. 7.

Nah, itulah tadi beberapa Ulasan dari IC mikrokontroller yang mempunyai kaki – kaki yang dapat diprogram sesuai keinginan, dalam pemograman mikrokontroller ini juga bisa memanfaatkan beberapa kaki dari Port – port tertentu yang akan digunakan untuk fungsi ADC tanpa harus membuat rangkaian ADC lagi menggunakan Chip atau IC ADC khusus namun keterbatasan dari ADC internal di mikrokontroller ini adalah keterbatasan dalam step atau langkah ataupun jumlah konversi yang sangat terbatas yang bergantung kepada RAM dan ROM dari mikrokontroller itu sendiri.

Semoga bermanfaat, Tunggu Update selanjutnya & Terimakasih.


Creat By Attailah.

Comments

Popular posts from this blog

Saklar

Dua Jenis Komponen Dalam Elektronika

Perkenalan Microsoft Visio Untuk Membuat Flowchart